Quote:
1. Cara 'Kue Lapis'
Seperti kue lapis, Ada 3 bagian dalam memberi kritik. Tunjukkan poin yang buruk di antara 2 poin yang baik. Kita menunjukkan poin yang baik di lapisan pertama dan ketiga. Tujuannya adalah untuk menjaga mereka dari perasaan diserang dan memberikan kesan bersahabat . Berikut ini adalah contoh yang baik: Daripada langsung berkata "Kerja kamu tidak bagus, lebih baik kamu ____" , cobalah berkata "Sebenarnya apa yang kamu lakukan selama ini sudah cukup baik, tapi akan lebih baik kalau kamu bisa meningkatkan beberapa aspek seperti ____ dan ____ dengan melakukan ____ , Aku percaya kamu bisa melakukannya. Aku yakin."  |
Quote:
2. Jangan mengkritik di depan orang banyak
Mengkritik seseorang di depan orang banyak akan mempermalukan orang tersebut . Biasanya, orang akan tersinggung terhadap dirimu dan tidak akan mendengarkan sama sekali. Hindari itu! Orang tidak suka apabila kesalahannya diekspos di depan publik, berikan kritikmu secara privat.  |
Quote:
4. Kritik tindakannya bukan orangnya
Kamu harus spesifik saat mengkritik. Apakah tindakannya,tingkah lakunya, atau kata-katanya yang perlu dikritik? Dengan mengkritik hal itu, Kamu menunjukkan poin yang jelas, hal apa yang perlu diperbaiki . Jangan hanya mengkritik menggunakan kata-kata yang tidak perlu seperti "Kamu bodoh","Kamu tidak cukup bagus","Kamu buruk"  |
Quote:
5. Lakukan dengan senyum
Bangunlah kenyamanan bukan ketegangan . Orang akan merasa kamu berada di pihaknya dan mereka akan membuka dirinya terhadap setiap kritik. Kamu akan lebih mudah dalam mengekspresikan opinimu.  |
Quote:
6. Berikan kesimpulan dan "bagaimana melakukannya" tahap demi tahap
Sebuah kritik yang baik adalah kritik yang memberi kesimpulan di akhir untuk menekankan dan menjelaskan poin utama dari kritikmu sekaligus mengajarkan bagaimana cara untuk mencapainya.  |
|
|
|
Komentar
Posting Komentar