Anak Laki-Laki Belajar Bersikap dari Ayahnya


Quote:
Bagaimana seorang laki-laki memperlakukan perempuan, hingga cara ia mengontrol emosinya, ayah memiliki peran di balik hal-hal tersebut. Anak laki-laki belajar bersikap dari ayahnya. Dengan demikian, pengasuhan ayah penting bagi pertumbuhan anak laki-laki, termasuk dalam pembentukan kepribadiannya.

"Seorang ibu bisa membantu anak laki-lakinya tumbuh menjadi pria dewasa sejati. Namun, ayah memiliki pengaruh besar karena bisa mencontohkan anak laki-laki bagaimana menjadi pria,"
 ungkap Roland Warren, Presiden National Fatherhood Initiative, grup advokasi nirlaba Amerika. 

  • Mendampingi Anak
    Tugas pendampingan anak terkesan mudah dan sederhana. Namun, jangan pernah menyepelekannya. Ayah yang selalu menyempatkan waktu untuk anak laki-lakinya akan memberikan pengalaman yang berarti bagi anak. Anak laki-laki mendapatkan kesan mendalam dan pengalaman berharga ketika ayahnya banyak menghabiskan waktu dengannya. Anak laki-laki menangkap pesan di balik sikap ini bahwa ayahnya mencintainya, menyukai kegiatannya, dan selalu ada di sampingnya. "Sikap seperti ini membuat anak merasa aman dan nyaman, dan menjadi pembelajaran dalam diri anak mengenai karakter ayah yang baik," kata Warren.
  • Memperlakukan Perempuan Dengan Baik
    Anak laki-laki belajar cara memperlakukan perempuan. Salah satunya dengan memerhatikan perilaku ayahnya. Ayah perlu menjadi contoh baik bagi anak laki-lakinya, dengan memperlakukan perempuan, terutama istri, dengan baik. "Ketika ayah berinteraksi dengan perempuan, khususnya dengan istrinya, ia harus mengakui kesalahan yang dibuatnya. Jika memang perlu minta maaf, maka lakukan. Berbicara dan bersikaplah dengan penuh penghargaan terhadap perempuan, terutama saat sedang bersilang pendapat," ungkap Warren. 
  • Berikan Sentuhan Fisik
    Studi menunjukkan bahwa permainan adu fisik yang dilakukan ayah dengan anak laki-lakinya berdampak positif. Anak laki-laki belajar cara mengontrol reaksi fisik dan mengatur emosi. Namun, ayah juga perlu memberikan sentuhan fisik seperti pelukan dan ciuman kepada anak laki-lakinya, sebagai bentuk penegasan atas rasa kasih sayang.

Quote:
Quote:
Originally Posted by ~GhaDux~
Seperti kata pepatah, like father like son, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Anak laki-laki cenderung meniru perilaku ayahnya. Semoga memberikan manfaat bagi para ayah seperti saya.

Jika ada yg bertanya apa yg sudah saya lakukan? Belum ada, anak saya masih bayi 

Quote:
Originally Posted by borneoadventure View Post
Gimana kalau sang Bapak sudah tiada sejak sang anak masih kecil?.


Bagi ane gan, Ibu anelah yg segala2nya, seorang single fighter sejati, sejak kelas 2 SD alm.bapak ane udah menderita sakit stroke, keluar masuk RS itu udah biasa gan. Lebaran Idul Fitri drumah sakit udah pernah ane rasain, sejak ane kelas 2 SD ane udah terbiasa ngurus diri sendiri, disaat anak2 yg laen bisa merasakan dsayang,dbeliin maenan sm bapak mereka, ane cm bs menghibur diri sendiri gan!! Hampir pasti ane gak pernah ngerasain yg namanya jalan2 bareng bapak ane sendiri  ... tp yang ane salut, Ibu ane gak pernah sedikitpun mengeluh di depan anak2nya. Ibu ane, ttp setia merawat alm.bapak hingga 4 tahun berikutnya, dan kita semua tahu biaya untuk merawat penderita stroke tidaklah sedikit. Ibu ane jg berhasil memberi anak2nya kesempatan untuk bisa merasakan bangku kuliah,hingga lulus menjadi sarjana semua (ane anak ke-3 dr 3 bersaudara gan)

tapi dari hal-hal tersebut ane belajar bnyk hal gan, jangan pernah menyerah sm keadaan, betapa pun sulit..


buat agan-agan yang Bapaknya masih sehat waalfiat, sayangilah bapakmu, seberapa kerasnya beliau terhadap kita, pasti ada manfaat untuk kita kedepannya..

kalo boleh taro di pejwan 
Quote:
Originally Posted by warung.nara View Post
ayah jadi panutan utama buat anak laki2 pastinya.

setelah ayahnya, anak laki2 juga belajar banyak ke kakeknya.
mungkin karena sama2 laki2 kali yah.

kaya suami gw, sampai sekarang seneng banget cerita tentang almarhum kakeknya. 

OOT mungkin,
pokoknya di mata anak (laki2 ataupun perempuan) ayah jadi semacam idola hidupnya.
sama kaya gw yang sampe sekarang terus mengidolakan almarhum papa gw 

Quote:
Originally Posted by si_mantap View Post
betul gan buktinye bapak ane panutan ane lah, ane mau seperti sosok beliau. tapi beliau mau ane lebih dari doi.
Quote:
Originally Posted by iangendud View Post
setuju banget gan..mungkin ada yang pernah denger cerita ini agan-agan.
ada seorang anak laki2 yang ditanyakan oleh ibunya akan cita2 nya jika sudah dewasa nanti.sianak hanya menjawab simpel gan dia jawab nya kalo sudah besar nanti aku ingin merokok seperti ayah..nah waktu sang ibu cerita ke si ayah gan.si ayah menangis.dan sejak hari itu siayah berenti ngerokok gan.itu cerita singkat nya gan, betapa perilaku ayah sangat berpengaruh terhadap anaknya..kalo suka taro pejwan gan
Quote:
Originally Posted by dflyingdutchman View Post
wah bener banget tuh, sifat baik dan jelek ayah saya ada pada saya.. 
walaupun sekarang sudah gede tau mana yang baik dan buruknya tetep aja susah di hindari tanpa sadar..
Quote:
Originally Posted by ArrowFX View Post
Perlu diperjuangkan.

Banyak anak kehilangan sosok ayah saat-saat ini.
Mungkin perlu dibentuk Indonesian Fatherhood ^^
Quote:
Originally Posted by buncizs View Post
ya air cucuran kan jatuhnya ke pembuangan juga..
apa aja yang dilakukan bapak dulu, bakalan dilakukan lagi oleh anaknya..
bapaknya korup? anaknya niru korup..
bapaknya baik? anaknya juga baik..
bapaknya mabuk? wah, kalo ibunya nggak ngawasi bisa ikut bapaknya juga..
karena saat kita menanamkan kebaikan, maka akan muncul kebaikan pula.. begitu jga sebaliknya gan..
Quote:
Originally Posted by abelzbelzbelz View Post
bokap ane cuek mampus gan 

dari dulu sadar sih, tp abis baca ini makin aja sadar klo tanpa di sadari kita ngikutin perilaku seorang ayah, ntar itu baik ato buruk, tapi yg harus di ambil yg baik nya dong 
Quote:
Originally Posted by amandio View Post
beruntung gan, ketiga poin diatas udah ane jalanin,..
poin ketiga paling sering ntuh,... main guling2an ama joget sambil senggol2an pantat ama anak,... xixixixixixixixi,...
sering dicium dan disayang baik lagi di ruang tunggu klinik dokter ataupun di waralaba,.. dimanapun,.. supaya kesan bahwa kita sangat menyayangi mereka sebagaimana adanya mereka bisa mereka tangkap,..
Quote:
Originally Posted by deborahSovia View Post
dia selalu membesarkan anak anaknya dengan "KASIH" itu yg paling gw salut dari almarhum Bokap gw walaupun anaknya seorang Pria Kepala Batu


love u Dad ... 
Quote:
Originally Posted by singeslayer View Post
bapak ane kerjanya di hutan trus gan,dari ane kecil.jadi ane jarang ketemu bapak ane dah.

tapi kata tetangga sama sodara,kelakuan ane mirip bapak ane gan. 
Quote:
Originally Posted by nismokidz View Post
Gw setuju banget sama elo 'gan..

Akhirnya ada juga pembahasan seperti ini,,

disaat gw masih menjadi seorang anak, figur seorang ayah memang menjadi contoh utama.

dan gw sekarang berusaha memberikan yg terbaik untuk anak laki-laki gw,, harus menjadi contoh yang baik..

Hehehe..
Quote:
Originally Posted by dawood View Post
Overall emang bener gan. Bokap ane slalu ngajarin ane jadi laki-laki sejati.
Laki-laki itu keras seperti logam, tapi suatu ketika pun bisa mencair seperti timah dan keras kembali.
Maksudnya lelaki itu memiliki watak yg keras, tapi suatu ketika juga bisa mencair.
Laki-laki itu tangguh.
Ane banyak belajar dari bokap. Walau kadang sering berantem.
Quote:
Originally Posted by balanced View Post
ane belajar tegas, tanggung jawab, dan sifat pria sejati dari bokap...
Ane belajar sabar dan positive thinking dari nyokap
Ane belajar berlogika dari pekerjaan

Insya Allah ane bakal ngajarin semuanya ke anak ane yang bakalan lahir beberapa bulan lagi 

Nice trit gan 
Quote:
Originally Posted by Radikalboyz View Post
 ane mah belajar dari kdua ortu ane...ngambil kputusan,,ktegasan itu ane contoh dari bokap ane...tp klo masalah ketegaran sama sabar ane blajar dr nyokap ane

Komentar